Junta Ajukan Syarat Jumpa Suu Kyi

Pemimpin junta Myanmar Than Shwe siap berbicara dengan Aung San Suu Kyi asalkan tokoh prodemokrasi ini meninggalkan “langkah-langkah yang mengganggu” dan tak lagi mendukung sanksi atas Myanmar.

Berbicara di televisi Myanmar, Kamis (4/10), Than Shwe mengatakan, persyaratan ini telah disampaikan kepada Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa Ibrahim Gambari saat menemuinya di Naypyidaw. Ia mengatakan, Suu Kyi yang dikenai tahanan rumah juga seorang “konfrontasional” dan “perusak keadaan”. Namun, Than Shwe tak merinci maksud ucapannya ini.

Pemimpin junta ini mengakui, Gambari membujuk mereka untuk menghentikan aksi kekerasan atas pemrotes dan melakukan pembicaraan dengan Suu Kyi. Than Shwe mengatakan, jika semua persyaratan tadi dipenuhi, ia siap berbicara langsung dengan Suu Kyi.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan, Gambari telah menyampaikan pesan yang keras kepada junta Myanmar. Namun, ia mengakui bahwa misi yang diemban utusan tersebut tidak bisa dikatakan sukses.

Namun, Ban merasa lega karena Utusan Khusus PBB Ibrahim Gambari dapat bertemu pemimpin junta Jenderal Than Shwe dan pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi.

Ban mengatakan, Gambari telah mendesak pemimpin junta menghentikan kekerasan terhadap para pemrotes, meminta junta membebaskan para tahanan, melangkah menuju reformasi demokrasi yang nyata, menghargai HAM, dan mengadakan rekonsiliasi nasional dengan oposisi.

Kenyataan yang terjadi di Myanmar adalah junta terus menangkapi siapa saja yang dicurigai. Pemberangusan terhadap demonstran, bahkan warga tak bersalah, tetap berlanjut.

Setelah bertemu Gambari, Kamis, Ban akan bertemu 15 negara DK PBB, Jumat. Pada pertemuan itu Ban akan mendiskusikan langkah yang perlu diambil atas pelanggaran HAM di Myanmar.

(REUTERS/AP/AFP/OKI/BSW) Kompas

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: