Abe: Saya Minta Maaf

Setahun lalu, Perdana Menteri Shinzo Abe adalah bintang yang berkilau di dunia politik Jepang. Wajahnya segar, kata-katanya tegas, dan pandangannya optimis. Wajar jika banyak orang menilai Abe adalah pemimpin masa depan. Apa mau dikata, krisis politik berupa skandal dan suap membuat sinarnya redup. Kekalahan dalam pemilu Majelis Tinggi bulan lalu membuat sinarnya hampir tak bersisa.

Hari Senin (24/9), untuk pertama kalinya Abe tampil di depan publik sejak dia mengundurkan diri sebagai perdana menteri (PM) dan masuk rumah sakit pertengahan September lalu. Kontras dengan keadaannya tahun lalu, kini wajah Abe tampak cekung, badannya kurus, dan suaranya lemah. Dengan kondisi seperti itulah Abe menyampaikan permintaan maafnya kepada publik.

“Saya minta maaf sedalam-dalamnya kepada rakyat karena telah membuat mereka susah. Saya menyesal karena saya tidak bisa memenuhi harapan rakyat,” kata Abe dengan rendah hati, ditemani beberapa dokter yang merawatnya, seperti dikutip AFP, Senin. Dokter yang merawatnya mengatakan, Abe menderita gastrointestinal akibat kelelahan dan stres berat.

Abe selanjutnya menjelaskan bahwa dia mengundurkan diri karena masalah kesehatan. “Saya seharusnya memang menjelaskan kondisi saya. Kondisi saya memburuk bulan lalu dan saya merasa kesehatan saya telah mencapai batasnya. Dengan kondisi ini, saya tidak bisa memenuhi tanggung jawab. Itu sebabnya saya memutuskan mengundurkan diri,” katanya.

Kini, karier Abe sebagai PM telah tamat. Namun, Abe tetap akan dianggap sebagai politisi yang bersikap jantan dengan mengakui kesalahannya dan minta maaf secara langsung kepada rakyat. Suatu sikap rendah hati yang hampir tidak pernah kita saksikan di Indonesia. Semestinya para politisi di sini belajar bersikap satria seperti Abe, tidak hanya belajar bagaimana mengejar kekuasaan. (BSW)

Sumber: Surat Kabar Harian Kompas

Tinggalkan Balasan

