Fukuda Singkirkan Aso

Wapres Sampaikan Ucapan Selamat kepada PM Jepang

Yasuo Fukuda merombak susunan partai sehari setelah terpilih sebagai ketua Partai Demokrat Liberal atau LDP dan sekaligus menjadi perdana menteri, Senin (24/9). Dia menempatkan rekan dekatnya dan menyingkirkan Taro Aso dari jabatan sekretaris jenderal partai.

Selanjutnya, Fukuda menunjuk Menteri Pendidikan Bunmei Ibuki sebagai Sekjen LDP. Ibuki selama ini dikenal sebagai sekutu loyal Fukuda. Fukuda juga menunjuk mantan Menteri Keuangan Sadakazu Tanigaki sebagai Kepala Dewan Riset Kebijakan LDP, perumus kebijakan partai. Mantan Menteri Perdagangan Toshihiro Nikai, sekutu dekat Fukuda, ditempatkan sebagai ketua Dewan Jenderal LDP.

Rapat perombakan pengurus partai digelar di markas LDP, dihadiri Aso, yang merupakan orang dekat Shinzo Abe, PM Jepang yang mundur September.

Perombakan pengurus partai yang dilakukan Fukuda ternyata mengecewakan sejumlah pengamat dan politisi dari partai oposisi. Pengamat mengatakan, mereka ragu Fukuda akan berhasil memulihkan kepercayaan publik jika dia menempatkan kroni-kroninya pada jabatan-jabatan penting partai atau kabinet.

Penunjukan Tanigaki, misalnya, menyiratkan bahwa masalah pajak konsumsi akan menjadi salah satu kebijakan utama pemerintahan baru. Pasalnya, selama ini Tanigaki selalu membela kenaikan pajak konsumsi.

Sekjen Partai Demokrat Jepang (DPJ) Yukio Hatoyama mengatakan, “Penunjukan itu mengejutkan dan merupakan kesepakatan di belakang layar.” Fukuda bergeming dengan keputusannya.

Fukuda mengatakan telah mempertimbangkan penempatan orang-orang tersebut berdasarkan situasi politik saat ini. “Saya menunjuk orang yang tepat untuk posisi yang tepat,” kata Fukuda.

Dia membantah penunjukan itu dilakukan berdasarkan kesepakatan faksional partai. Ini adalah sebuah praktik yang telah menjadi tradisi di LDP.

Fukuda menambahkan, jika setiap orang bersikap keras, jajaran LDP akan kesulitan mengatasi situasi politik saat ini.

Secara terpisah, Ibuki menanggapi kritik partai oposisi DPJ dengan pernyataan bernada menantang. Dia mengatakan, LDP berada dalam kondisi yang bagus untuk berperang dengan DPJ. Dia juga menegaskan bahwa kepemimpinan LDP akan bahu-membahu bekerja sama untuk memulihkan kepercayaan publik.

Pemulihan kepercayaan publik merupakan hal yang sangat penting bagi partai berkuasa LDP. Pasalnya, selama pemerintahan Abe, popularitas LDP merosot. Puncaknya adalah ketika LDP dikalahkan partai oposisi dalam pemilihan anggota Majelis Tinggi.

Kebijakan-kebijakan Fukuda akan sangat menentukan apakah LDP akan bisa mengatasi masalah internal partai dan pemerintahan Jepang kelak. Sebagai partai berkuasa, LDP secara otomatis akan memimpin pemerintahan baru untuk menggantikan pemerintahan Abe.

Mewakili pemerintah

Mewakili Pemerintah Indonesia, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla mengirimkan ucapan selamat kepada Fukuda. “Kita sangat gembira dan sangat menghargai Fukuda yang terpilih sebagai PM. Hubungan Fukuda dengan Indonesia sangat dekat. Beliau itu Ketua Persahabatan Jepang-Indonesia (Japinda),” ujar Wapres Kalla.

“Jepang memerlukan banyak hal kepada kita. Kita pun butuh investasi dan perdagangan Jepang,” kata Kalla. Oleh sebab itu, Perjanjian Kerja Sama Ekonomi RI-Jepang yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Jepang Sinzho Abe waktu itu tidak berubah. (AP/AFP/REUTERS/har/BSW)

Sumber: Surat Kabar Harian Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: