Ketika Israel Langgar Wilayah Udara

Suriah mendesak Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon dan Dewan Keamanan PBB agar bereaksi atas pelanggaran wilayah udara negara itu oleh Israel pekan lalu. Damaskus menyebut pelanggaran wilayah udara itu sebagai upaya untuk menghancurkan proses perdamaian Timur Tengah.

“Kita tidak dapat mendikte apa yang harus dilakukan oleh DK PBB, tetapi mereka harus beraksi atas tindakan Israel itu karena itu adalah tugas mereka,” kata Utusan Suriah di PBB, Bashar Jaafari, Rabu (12/9). Sehari sebelumnya ia telah menyerahkan surat kepada Ban dan Presiden DK PBB.

Menurut dia, pelanggaran udara Israel itu adalah pelanggaran Piagam PBB dan pelanggaran kedaulatan negara anggota PBB. Sekjen PBB dan DK PBB harus menunjukkan tanggung jawab mereka dengan bereaksi terhadap tindakan agresif tersebut.

Dalam suratnya, Jaafari mengatakan pesawat-pesawat tempur Israel terbang melintasi wilayah utara Suriah. Pesawat-pesawat itu menjatuhkan amunisi yang dilakukan Israel tanpa bertujuan untuk menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kerusakan material. Jaafari menyebutkan tindakan Israel tersebut sebagai pelanggaran hukum internasional yang tidak tahu malu.

Menurut dia, Damaskus juga ingin memperingatkan Pemerintah Israel tentang konsekuensi-konsekuensi yang akan mereka pikul atas tindakan semacam itu. Ia juga ingin membuat DK PBB memahami apabila mereka tidak bertindak secara tepat yang muncul adalah “hukum rimba”. [AFP/E-9/Suara Pembaruan]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: