Pemilu Ukraina, Pertarungan Pro-Barat Vs Pro-Rusia

Pemilih di Ukraina, Minggu (30/9), menuju kotak suara dalam pemilu dadakan untuk memilih anggota parlemen. Pesta demokrasi Ukraina ini pada intinya akan menentukan apakah kelompok pro-Barat atau kelompok pro-Rusia yang akan memenangi mayoritas 450 kursi di Verkhovna Rada, parlemen Ukraina.

Pemilih di negara berpenduduk 47 juta orang ini memberikan suara sejak pukul 07.00 hingga 22.00 waktu setempat atau pukul 11.00 hingga pukul 02.00 WIB hari Senin guna menyelesaikan pertarungan politik antara Presiden Ukraina Viktor Yushchenko yang pro-Barat dan PM Vikto Yanukovych yang dekat dengan Rusia. Hasil pemilu yang diraih kedua kubu diperkirakan sangat ketat.

Yushchenko dalam kampanye menyerukan diakhirinya “kisruh” politik dan mendukung reformasi yang didengungkannya selama “revolusi oranye”. Yushchenko selama ini dikenal sangat pro-Barat. Dia menghendaki Ukraina bergabung dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara dan Uni Eropa.

Adapun Yanukovych menghendaki Ukraina dekat dengan Moskwa dan sejauh ini mendapat dukungan politisi Rusia yang mapan. Yanukovych selama “revolusi oranye” tahun 2004 atas tuntutan massa terpaksa melakukan pemilihan presiden ulang di mana dia mengalahkan Yushchenko. Pemilihan ulang berikut Yushchenko kembali mengalahkan Yanukovych, yang kemudian menjadi PM setelah partainya menang dalam pemilihan parlemen, Maret 2006.

Ada 20 partai yang ikut dalam pemilu kali ini dan diduga memerlukan koalisi untuk membentuk pemerintahan. Tiga partai utama, Partai Ukraina Kami pimpinan Yushchenko, Partai Wilayah pimpinan Yanukovych, dan Partai Pertahanan Rakyat pimpinan mantan PM Yulia Tymoshenko yang glamour, bakal mendominasi kursi. Partai Yushchenko dan Tymoshenko yang berjuang dalam “revolusi oranye” bakal berkoalisi. (AFP/Reuters/ppg/Kompas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: