PM Jepang Diperebutkan

Aso dan Koizumi Masuk Bursa Calon PM
Seusai Mengundurkan Diri Abe Masuk Rumah Sakit

Lima tokoh politik Jepang disebut-sebut sebagai calon pengganti Perdana Menteri Shinzo Abe yang mengundurkan diri kemarin. Pengunduran diri PM Abe itu dikhawatirkan dapat menyebabkan ketidakpastian dalam politik dalam negeri Jepang.

Menurut Associated Press, Kamis (13/9), ada lima orang yang masuk bursa calon pengganti PM Abe. Lima orang itu adalah mantan Menteri Luar Negeri Jepang yang kini menjadi Sekretaris Jenderal Partai Demokratik Liberal (LDP) Taro Aso, mantan menteri keuangan Sadakazu Tanigaki, mantan juru bicara pemerintah Yasuo Fukuda, kepala sekretaris kabinet Kaoru Yosano, dan mantan PM Junichiro Koizumi.

Taro Aso (66 tahun) kini menjadi orang nomor dua di LDP setelah Shinzo Abe. Dia merupakan calon paling kuat untuk menggantikan Abe saat ini.

Aso yang dikenal konservatif saat ini juga menjabat sebagai menteri dalam negeri. Cucu mantan PM Shigeru Yoshida itu juga menjadi pejabat penting saat Jepang dipimpin oleh Koizumi.

Sadakazu Tanigaki (62 tahun) menjadi menteri keuangan pada masa pemerintahan Koizumi. Dia sempat bersaing dengan Abe pencalonan Ketua LDP tahun lalu. Sebelum masuk ke pemerintahan, Tanigaki adalah seorang pengacara. Dia selalu menekankan agar Jepang memperbaiki hubungan dengan Tiongkok dan Korea Selatan.

Yasuo Fukuda (71 tahun) pernah disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti Koizumi bersama Abe dan Taro Aso. Namun, sebelum pencalonan resmi, dia mengundurkan diri karena merasa sudah terlalu tua. Putra mantan PM Takeo Fukuda itu saat ini bekerja di perusahaan minyak. Dia ingin Jepang menjalin kerja sama yang erat dengan Tiongkok dan pernah mengecam kunjungan pemimpin Jepang ke kuil perang.

Junichiro Koizumi (65 tahun) dikenal sebagai pengusung agenda reformasi Jepang saat ia menjadi perdana menteri. Di bawah kepemimpinannya, LDP menyapu menang mutlak dalam pemilihan parlemen 2005.

Namun, di bawah kepemimpinan Koizumi (2001-2006) hubungan Jepang dengan Tiongkok dan Korut terus memburuk.

Kaoru Yosano (69 tahun) dikenal sebagai pendukung utama reformasi keuangan. Saat ini dia menjadi sekretaris kabinet serta pernah menjabat sebagai menteri perdagangan dan menteri pendidikan. Setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Tokyo, Yosano menjadi sekretaris mantan PM Yasuhiro Nakasone pada 1968.

Nama Koizumi masuk bursa calon pengganti Abe setelah diajukan oleh tokoh-tokoh muda LDP. Namun, menurut Kyodo, Koizumi telah menolak pencalonan dia untuk kembali menjadi PM.

Gangguan Kesehatan

Kantor berita Kyodo, Kamis (13/9) melaporkan, seusai mengumumkan pengunduran diri, Shinzo Abe mengalami gangguan kesehatan dan harus menjalani perawatan di sebuah rumah sakit.

Menurut Sekretaris Kabinet Kaoru Yosano, Abe menderita sebuah penyakit yang belum diketahui. Namun, kata dia, penyakit yang diderita Abe itu tidak sampai berdampak pada keselamatan jiwanya.

Sejumlah media massa menyebutkan Abe menderita kelelahan yang amat parah setelah melakukan perjalanan ke beberapa negara Asia, termasuk Indonesia dan India.

Sementara itu, sejumlah pengamat menilai pengunduran diri PM Abe akan menimbulkan ketidakpastian politik di Jepang. Pengunduran diri PM Abe itu menjadi pukulan keras terhadap LDP.

Selama ini tekanan terhadap PM Abe terus meningkat, terutama setelah LDP kalah dalam pemilihan Majelis Tinggi akhir Juli lalu. Dengan kekalahan itu, sulit bagi pemerintah yang kini dikuasai LDP untuk meloloskan undang-undang.

Partai Demokrat Jepang (DPJ) sudah mengancam akan menolak rencana pemerintah untuk memperpanjang UU tentang bantuan Jepang bagi pasukan Amerika Serikat (AS) di Samudera India yang tengah menggelar operasi di Afghanistan. UU yang telah diperpanjang beberapa kali itu akan berakhir masa berlakunya pada 1 November 2007.

AS berharap pengunduran diri Abe itu tidak berpengaruh terhadap kerja sama dalam operasi pasukan internasional yang dipimpin AS di Afghanistan. Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Sean McCormack berharap agar pengganti Abe menjadi rekan yang baik bagi AS. [AP/Xinhua/AFP/O-1/SUARA PEMBARUAN DAILY]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: