Keberadaan Utusan PBB Misterius

Keberadaan Utusan Khusus PBB, Ibrahim Gambari, Senin (1/10), diselimuti misteri sejak dia terbang ke ibu kota Myanmar, Naypyidaw, yang berada di tengah hutan. Tidak ada satu diplomat pun yang bisa memberikan penjelasan di mana Gambari kini berada.

Gambari pergi ke Naypyidaw untuk mengupayakan pertemuan dengan pemimpin junta Jenderal Senior Than Shwe. Belum ada kepastian apakah Than Shwe bersedia untuk ditemui. Namun, seorang diplomat mengatakan, Gambari diminta menunggu di Naypyidaw hingga hari Selasa.

Di tengah ketidakpastian itu, para diplomat kehilangan kontak dengan Gambari. Sumber di kalangan diplomat yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Gambari telah dibawa oleh pemerintah junta ke suatu tempat di Lashio, yang berjarak sekitar 400 kilometer dari Naypyidaw. Kabarnya ia diminta mengikuti sebuah lokakarya politik yang membicarakan hubungan Uni Eropa-Asia.

Para diplomat meyakinkan bahwa Gambari masih berada di Myanmar dalam 48 jam terakhir. Ia tidak akan meninggalkan Myanmar jika belum bertemu dengan Than Shwe.

Misi Gambari dinilai sangat penting. Bisa dikatakan, upaya dunia untuk mengakhiri krisis politik di Myanmar, sejauh ini, masih bergantung pada misi Gambari.

Kuasai keadaan

Dari Yangon dilaporkan, pasukan junta telah menguasai keadaan dan mengusir demonstran dari jalan-jalan. Mereka menduduki lokasi-lokasi strategis yang biasa digunakan para demonstran untuk berkumpul. Meski tidak ada lagi unjuk rasa, tentara tetap mengawasi orang-orang dan biksu yang mengumpulkan derma.

Pemerintah mengklaim, pengunjuk rasa telah ditangani secara baik dengan menggunakan sedikit kekerasan. Media Myanmar juga terus menyuarakan agar rakyat jangan percaya kepada media asing yang pembohong.(AP/AFP/REUTERS/BSW) Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: