5 Anak dan Istri Pinochet Ditangkap

Seorang hakim Chile memerintahkan untuk menangkap kelima anak mendiang diktator Chile, Augusto Pinochet, istrinya, 17 anggota keluarga lainnya serta mantan penasihatnya dengan tuduhan korupsi.

Harian El Mercurio melaporkan para tersangka itu ditangkap dalam kaitan dengan kasus Riggs, dimana Pinochet diduga menyimpan 26 juta dolar AS dalam sebuah rekening bank rahasia.

Augusto Pinochet, yang meninggal Desember 2006, memerintah Chile dengan tangan besi dari 1973 hingga 1990, ketika sekitar 3.000 penentang rezim sayap-kanannya tewas dan puluhan ribu lagi ditahan, disiksa atau dipaksa ke pengasingan.

Jaime Mendez, kepala urusan umum di polisi penyelidik, mengatakan 19 orang telah ditangkap sejauh ini. Tidak ada dari mereka yang melawan dan beberapa dari mereka dengan sukarela menyerahkan diri mereka pada pihak yang berwenang, katanya.

“Kami akan minta pada pengadilan agar supaya in (prosedur) menerima sanksi yang patut dicontoh, karena tidak mungkin bahwa situasi seperti ini terjadi di Chile,” kata Pablo Rodriguez Grez, penasehat hukum isteri Pinochet, Lucia Hiriart, 84.

Rodriguez Grez mengatakan kliennya telah menderita masalah tekanan darah yang membuat perlu baginya untuk dibawa ke rumah sakit militer, tempat ia telah dirawat.

Ke -23 tersangka itu dituduh telah mengalihkan dana publik untuk keuntungan mendiang diktator dan keluarga terdekatnya.

Di antara orang pada siapa surat perintah penangkapan dikeluarkan adalah 13 bekas anggota pasukan keamanan Chile, termasuk dua jenderal, dan 10 warga sipil, termasuk bekas eksekutor Pinochet, Oscar Aitken, dan sekretaris pribadi mendiang diktator, Monica Ananias.

Hakim Carlos Cerda mengatakan sebagian besar dari tersangka ditemukan tanpa kesulitan dan telah diberitahu mengenai surat perintah penangkapan terhadap mereka.

Setelah pertemuan dengan Presiden Chile Michelle Bachelet selama satu jam, Menteri Kehakiman Carlos Maldonado mengatakan saat penangkapan dilakukan tak akan ada hak-hak istimewa bagi tersangka.

“Tidak ada alasan untuk mengizinkan tindakan khusus melebihi tindakan yang berlaku bagi setiap orang yang ditangkap, yang berarti melindungi integritas mereka, keselamatan mereka, dan mencegah mereka lolos dari peradilan,” kata Madonado.

Pada 2004, senat AS mengungkapkan sejumlah rekening rahasia Pinochet, yang disimpan sebagian besar di bank Riggs yang bermarkas di Washington dan pemerintah Chile menuduh Pinochet melakukan penghindaran pajak dan korupsi besar-besaran. (Hasyim) Suara Karya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: