Junta Bergeming, Aktivis Terus Diburu dan Disiksa

Liga Nasional untuk Demokrasi, Rabu (10/10), mengatakan belum mendengar tawaran berdialog walau junta sudah mengangkat U Aung Kyi, Wakil Mennaker Myanmar, sebagai utusan junta untuk berdialog dengan Aung San Suu Kyi. Junta masih bergeming soal dialog.

Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) adalah partainya Suu Kyi, yang kemenangannya pada pemilu 1990 dianulir oleh junta. “Kami tidak tahu apa yang akan dia lakukan dan kapan dia mulai berdialog,” kata jubir LND, Nyan Win, soal U Aung Kyi.

Sebaliknya, junta masih terus melakukan penangkapan dan perburuan pada aktivis demokrasi. Bahkan, seorang anggota NLD yang turut memprotes dua pekan lalu tewas di tangan aparat junta. Win Shwe (42) ditangkap 26 September di Mandalay, kota terbesar kedua di Myanmar. “Dia (Shwe) meninggal akibat penyiksaan,” demikian diutarakan Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (Assistance Association for Political Prisoners/AAPP).

Penangkapan makin gencar

Otoritas makin gencar menangkapi aktivis setelah mendengar Barat terus menekan agar junta brutal itu segera berdialog dengan Suu Kyi. Setidaknya tujuh orang ditangkap dalam dua hari terakhir. “Aparat keamanan makin garang dan gencar melakukan penangkapan dari rumah ke rumah,” demikian AAPP.

Hla Myo Naung (39), juga aktivis politik, ditangkap di Yangon dan kini sedang mencari pengobatan di klinik karena matanya yang mengalami penyakit serius. Kesaksian wartawan Meksiko, Bernardo Deniz, mendukung hal itu. “Di permukaan keadaan tenang, kenyataan sangat beda di bawah permukaan,” kata Deniz.

Sanksi baru

Dari Washington, Gedung Putih menegaskan, sanksi baru akan dikenakan terhadap Myanmar jika perlakuan brutal pada aktivis terus dilanjutkan. “AS jelas-jelas mengecam kekejaman junta,” kata Gordon Johndroe, jubir Gedung Putih.

Sanksi baru itu tidak dirinci. Namun, Ibu Negara AS Laura Bush kepada USA Today edisi Rabu (10/10) mengatakan, AS akan mengumumkan sanksi lanjutan yang lebih keras terhadap junta militer Myanmar. Laura Bush mengatakan, sanksi itu akan diumumkan dalam beberapa hari ini. Sanksi akan diumumkan jika junta tidak bergerak maju soal dialog dan jika tak menghentikan kekerasan.(AP/AFP/REUTERS/MON) Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: